Saldo Bank: Jenis Dan Cara Mengecek Yang Benar 2023

2 min read

Saldo Bank

Di dunia perbankan, sering kali kita dengar istilah saldo bank yang mengarah kepada jumlah tabungan yang ada di dalam rekening kita.

Tapi sebenarnya tidak hanya sebatas itu saja. Sebab ada banyak macam macam saldo bank yang ada di Indonesia.

Dan itu semua memiliki arti yang berbeda beda. Maksudnya setiap istilah yang digunakan, menunjukan jumlah saldo yang berbeda.

Sebagai contoh, antara saldo Bank yang mengendap, tentu berbeda makna dengan saldo tabungan bank konvensional.

Untuk itulah, agar kalian bisa lebih memahami itu, silahkan lihat informasi dibawah ini secara teliti.

Saldo Bank

Saldo Bank

Saldo Bank adalah jumlah uang yang ada di dalam rekening seorang nasabah yang sifatnya realtime dan berubah ubah sesuai transaksi perbankan yang dilakukan.

Baca juga: Tugas Banker: Arti, Kepanjangan Dan Gaji Terbaru

Maksudnya misalkan kamu habis menerima transfer, nanti saldo akan otomatis berjumlah. Begitupun jika sebaliknya.

Yaitu kamu melakukan transfer ke rekening lain, tentu saldo yang ada di dalam rekening menjadi berkurang sesuai nominal transfer.

Kemudian berdasarkan penjelasan diatas, maka kita bisa menyimpulkan kalau saldo bank berarti jumlah uang yang disimpan oleh tiap nasabah.

Jika angkanya menunjukan Rp5 juta, itu artinya jumlah uang yang berhasil ditabung oleh nasabah juga ada di angka 5 juta.

Jenis Jenis Saldo Bank

Saldo Bank

Seperti yang sudah admin jelaskan sedikit, kalau misalkan jenis jenis saldo di dunia perbankan itu ada banyak. Jadi bukan hanya berjumlah satu doang.

Baca juga: 4+ Contoh Tabungan Dengan Penjelasan Yang Benar

Adapun untuk daftarnya, maka silahkan lihat di bawah ini:

1. Saldo Mengendap

Istilah saldo mengendap dipakai untuk jumlah uang yang harus dijaga agar selalu ada di tabungan.

Baca juga: 9 Produk Bank Syariah Beserta Penjelasan Terlengkap

Maksudnya jika misalkan saldo mengendap harus 50 ribu, maka artinya setiap kali melakukan transaksi, minimal harus menyisikan saldo Rp50 ribu di rekening tabungan.

Begitupun jika ketentuan yang diterapkan memiliki nominal gede semacam 1 juta, maka kamu harus menyisakan minimal uang segitu setiap kali transaksi.

Adapun untuk fungsi dari adanya ini, umumnya dilakukan agar nasabah bisa mengikuti ketentuan yang berlaku sehingga tidak terkena denda.

Biasanya saldo mengendap akan diterapkan untuk jenis tabungan tanpa biaya admin. Jadi sebagai gantinya, nasabah juga harus mengikuti ketentuan tersebut.

Cuma kalau misalkan malah dilanggar, tentu konsekuensinya adalah denda.

Pokoknya kalau kamu mengambil produk tabungan dengan aturan saldo mengendap, sebisa mungkin jangan sampai dilanggar yah.

Selain biar gratis, tentunya biar tidak didenda juga.

2. Saldo Tabungan Bank

Jenis Saldo perbankan yang berikutnya adalah tabungan. Maksudnya adalah saldo yang menunjukan jumlah uang yang ada di rekening.

Jadi misalkan kamu ditanya “berapakah saldo tabungan milik kamu?”, maka itu artinya kamu sedang ditanyai mengenai berapa jumlah uang yang ada di dalam rekening.

Penggunaan istilah ini ya dikhususkan untuk semacam itu. Untuk itu jangan sekali kali pakai istilah saldo tabungan untuk menanyakan mengenai ketentuan saldo mengendap.

Pokoknya memang penggunaan istilah di dunia perbankan harus disesuaikan dengan konteks. Kalau perlu, kamu mulai dari awal dengan mempelajari apa pengertian banking.

Kemudian ketahui perbedaan Tabungan dan Investasi, baru nanti berlanjut ke detail detail bank semacam masalah saldo ini.

3. Saldo Rata Rata Harian

Istilah saldo bank yang umum dipakai adalah saldo rata rata harian. Kira kira apakah maksudnya yah?

Jadi saldo rata rata harian adalah sebuah istilah untuk merujuk ke nominal saldo rata rata di setiap harinya yang akan di catat secara otomatis di periode waktu tertentu.

Tapi umumnya sih di akhir hari. Maksudnya di jam malam sebelum pergantian hari berlangsung.

Nah nanti nominal saldo tersebut akan tercatat dan terangkum dalam sebuah data. Nanti data tersebut akan digunakan untuk keperluan yang pemberian bunga oleh bank.

Karena yang perlu kamu tahu, kalau ketentuan saldo rata rata harian memang berlaku di bank yang menerapkan aturan bunga harian.

Sementara diluar dari itu, umumnya tidak akan ada hal semacam itu.

Cara Mengecek Saldo Bank

Saldo Bank

Setelah mengetahui apa saja jenis jenis saldo yang ada di bank, maka lanjut dengan informasi mengenai bagaimana cek saldo.

Baca juga: 5+ Perbedaan Rekening Giro Dan Rekening Tabungan

Ini perlu diketahui agar ketika kamu memiliki akun tabungan, tidak akan merasa kebingungan mengenai cara cek saldonya.

Lalu bagi yang memang serius ingin mengetahuinya, silahkan lihat cara mengecek saldo di bawah ini:

  1. Cek Saldo melalui Kartu ATM
  2. Cek Saldo melalui layanan Mobile Banking
  3. Cek mengecek saldo melalui SMS Banking
  4. Cek Saldo melalui layanan Internet Banking

Itulah keempat metode umum yang biasanya disediakan oleh pihak bank ke nasabah yang ingin realtime dalam mengecek sisa saldo yang ada di rekening mereka.

Cukup sekian untuk artikel di edisi ini, semoga bisa menjawab apa yang sedang kamu tanyakan di dalam pikiran yah kawan.